DONGENG

Obyek Wisata Watu Timbang Raong Yang Mengagumkan

03 Jul 2017 | 09:44 Diperbarui : 03 Jul 2017 | 09:44 Dibaca : Komentar : Nilai :
watu-timbang-raong-di-rego-kecamatan-macang-pacar-kabupaten-manggarai-barat-5959af5fa723bdca4a1d7eec.jpg


Watu Timbang Raung adalah sebuah obyek wisata yang berlokasi di Desa Rego Kecamatan Macang Pacar Kabupaten Manggarai Barat. Kata Watu Timbang Raung berasal dari bahasa Manggarai Flores NTT. ( Watu artinya : Batu. Raong artinya: Utang dan Timbang artinya Menimbang, menghitung). Sejarah Watu Timbang Raung ini menjadi saksi bisu dalam  sebuah upacara untuk melunasi utang dengan cara menimbang atau menghitung. Kala itu ada seseorang yang memiliki utang yang banyak dan ia tidak mampu membayarnya. Untuk membayar dan melunasi utang tersebut ia mempertaruhkan nyawa anak perempuannya sendiri. Anak perempuan ini sangat cantik dan rambutnya sangat panjang.

Syarat  untuk melunasi utang tersebut adalah dengan melewati sebuah batu yang panjang kira-kira 4 meter panjanya di atas ketinggian kurang lebih 30 kilometer. Posisi batu Panjang tersebut dikeliling oleh tebing yang sanagat terjal dan sangat dalam. Bisa membayangkan ketika seseorang jatuh dari atas batu yang tinggi tersebut.

Kebiasaan masyarakat dulu di Rego bahwa perempuan selalu membersihkan rambutnya dengan air kelapa agar selalu berminyak. Untuk itu perempuan yang timbang tadi harus bisa melewati batu panjang tersebut dengan cara berdiri sambil berjalan dan selalu mengosok atau membersihkan rambutnya dengan kelapa (Bahasa orang Rego adalah "Rono Nio"). Disini dibutuhkan keseimbangan, kosentrasi dan ketelitian. Karena jika tidak ada keseimbangan, ia kan jatuh dan mati.

Tantangan yang diberikan kepada perempuan yang cantik ini agar bisa melunasi utang tersebut adalah ia harus mampu melewati batu panjang dengan cara berdiri sambil berjalan dengan selalu mengosok rambutnya dengan air kelapa empat kali. Karena ketelitian, kosentrasi dan keseimbangan mejadi hal yan utama.

Dalam cerita ini ia berhasil melewati tantangan ini tanpa ada hambatan apapun. Akhirnya utang tersebut bisa di bayar dan dilunasi setelah berhasil melewati tantangan tersebut. Tempat ini diberi nama Watu Timbang Raung yang berarti menimbang utang atau menghitung utang. 

Jika ingin menikmati indahnya Watu Timbang Raong, datanglah ke Rego desa Rego Kecamatan Macang Pacar Kabupaten Manggarai Barat.

Vinsensius Patno

/vino_jura

TERVERIFIKASI

VINSENSIUS PATNO TINGGAL DI LABUAN BAJO MANGGARAI BARAT SEORANG GURU DAN JURNALIS
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.