CERPEN

[Warkop Mak Semprul] Demam India

20 Apr 2017 | 14:37 Diperbarui : 20 Apr 2017 | 14:43 Dibaca : Komentar : Nilai :

 

Pagi-pagi sebelum mas bojo berangkat kerja, eyke ngomong ma dia,"Hun.. ( biar kek orang berduit manggilnye Hunny) daripada bengong aje mending eyke buka warkop! Lumayan pan duitnye, bisa buat nambahin beli garem!"

Berhubung mas bojo memang baik hati, teras depan rumah disulap jadi warung-warungan gitu. Meja panjang di dapur plus dua biji dingklik bambu ditata biar mirip ma wedangan malam ala Solo. Di atas meja ada piring-piring gorengan yang ditutupi tudung saji kecil. Di sudut kanan kita letakkan rak gelas dan piring serta beberapa jenis mi instan, selain kompor satu tungku. Siaplah "Warkop Mak Semprul" dibuka, nggak pake pemotongan pita apelagi motong tumpeng. Biasa aja, penting niatnya cari duit halal.

Pelanggan pertama eyke Wak Kosan, duda ujung jalan. Dia mah mesennya kopi item tanpa gula, "Airnya jangan panas-panas, Mak! Ntar asem tu kopi!" pesennya.

"Jiah, yang asem mah ketek elo Wak!" gerutu gue dalem hati.

Si Uwak ngajakin ngobrol masalah pulitik yang eyke nggak ngerti, gimana mau ngerti coba? Tipi aja muterin pelem India dari pagi sampe malem. Kalo tipi berita mah eyke suka pusing ngikutinnye. Yang penting buat emak-emak macam eyke pan ada duit buat beli sembako yang harganya makin lama makin tinggi kek rok anak pak Lurah.

Alhamdulillah, nggak lama dateng pelanggan lainnya yang ngajakin wak Kosan ngobrol, selamat deh otak eyke dari mbuletnya pulitik di negara kita ini. Sementara eyke nglayanin permintaan pelanggan sambil nguping pembicaraan mereka.

"Kowe sih penak Wak!" kata mas Parno.

"Apane sing penak?"

"Ora mangan ati! Ketahuan kalo hidup sendiri, mau ngopi tinggal kemari. Lha aku? Ada sih bini di rumah tapi ngopi kemari juga hahahahaha! Untung aja si emak punya ide buka warkop kalo nggak bikin sendiri kopinya, atau terima nasib orang ngopi!"

"Lha istrimu kemana?" tanya wak Kosan sambil menyuapkan sepotong pisang goreng ke mulutnya.

"Ada! Di depan tipi nonton India. Kalo udah gitu lupa segalanya!" timpal mas Parno.

Eyke tersenyum dalem hati, sambil menyodorkan semangkuk mi kuah pesanan mas Parno aku coba membela istrinya," Halah Mas! Wong hiburane para istri itu ya cuma tipi lho! Mbok biarin saja! Daripada mereka minta ini ono kan tambah mumet nanti. Kalo cuma masalah kopi, serahkan pada ahlinya!"

Bukan masalah benar atau enggak sih! Hanya memang akhir-akhir ini para emak se Indonesia pada demam India, dan dimanjakan bintang Telywood yang ganteng dan ayu. Alur cerita yang apik dan memikat membuat merasa sayang melewatkan satu episode saja. Yang penting sih nggak pake keluar duit yang ngurangi jatah beli garem, aman pokoknya. Emak senang, bapak tenang.

Nilai minusnya, beberapa oknum emak jadi agak males ngurus suami soal bikin kopi dan nemenin makan. Tapi nggak papa, rejeki eyke kalo itu mah! Pan para bapak jadi nongki di warkop eyke hihihi.

"Berapa Mak? Kopi satu, mi satu, tahu dua, krupuknya lima!" tanya mas Parno sambil nyodorin dua puluh ribuan.

"Dua belas ribu lima ratus, Mas!" kukorek kaleng biskuit tempat duit mencari kembalian.

Sampai malam saat tutup warung, silih berganti pelanggan yang menyambangi warkopku. Lumayan hari ini meski belom balik modal, duit di kaleng biskuit bisa buat belanja esok harinya. Kalo kalian pada mau mampir silahkan lho ya! Tapi inget motto warkop.mak Semprul 'Utang?OraWae!!'

#poeds 200417

Sari Aryanto

/sari_aryanto

Perempuan biasa yang punya mimpi luar biasa
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.