CERPEN

Dari Mencari Kerja, Hingga Menjadi Seorang Blogger Pemula

18 Jun 2017 | 02:12 Diperbarui : 18 Jun 2017 | 02:12 Dibaca : Komentar : Nilai :
sumber : doc. pribadi

Sebelum memulai tulisan artikel ini, ada pepatah yang mengatakan "Tak Kenal Maka Tak Sayang". 

Nama saya Makmun, usia 25 tahun dan berasal dari keluarga sederhana di daerah Sulawesi selatan. Seorang sarjana Kehutanan salah satu kampus yang katanya ternama di Sulawesi selatan bahkan di Indonesia bagian timur. Saya seorang pekerja yang sangat sibuk ( sibuk tidur, makan, ngeblog..hahaha), maksud saya seorang pengangguran. 

Terima kasih buat Kompasiana yang membuka  membuka topik "Ngeblogsambilsahur", betul - betul mencerminkan diri saya saat ini. Tulisan ini bercerita tentang pengalaman saya sebagai seorang blogger pemula, menghabiskan waktu berjam - jam didepan laptop. Awal saya memulai menjadi seorang blogger tepat ketika 2 minggu yang lalu. Tema/niche dari blog saya mengenai info lowongan pekerjaan yang bernama "Lingkarglobal.com". Sebenarnya awal muncul niatan ngeblog karena dua hal, pertama karena saya seorang pengangguran yang aktif mencari info kerja dari berbagai sumber dan yang kedua karena seorang teman saya sempat berkata " adakah info lowongan kerja kamu tahu bro?'. 

Itulah kedua hal yang membuat saya berfikir "bagaimana kalau saya membangun sebuah blog tentang informasi lowongan kerja?". Saya akui bahwa awal dari melamar pekerjaan karena adanya informasi yang diterima. Dengan sulitnya mencari pekerjaan saat ini, alangkah baiknya kalau saya mencari kerja sambil membagikan info lowongan kerja yang saya dapatkan. Dengan membaca berbagai macam artikel - artikel dari para master blogger, membuat saya sedikit memahami langkah dasar dalam membuat sebuah blog. Dari membeli sebuah hosting dan domain maka terciptalah blog saya dengan menggunakan platform wordpress yang katanya mudah dipahami bagi pemula. 

Tahap demi tahap  belajar mengutak - atik blog yang saya gunakan dari tema hingga pemasangan fungsi - fungsi lainnya. Saya lulusan Kehutanan harus extra belajar dikarenakan perbedaan disiplin ilmu (ciee anak kehutanan beralih profesi...hahaha). Namun perlahan tapi pasti dapat saya pahami, membuat saya belajar hal yang baru dan tentu saja menyenangkan. Dengan berbekal pengalaman mencari info kerja, saya memanfaatkan setiap hal itu untuk mengisi blog saya. Rutin melakukan update tiap harinya dan tiap pos yang kubuat, kubagikan/share ke Facebook dan media sosial lainnya. 

Sampai saat saya menulis ini, saya sempat berfikir "apakah yang saya kerjakan ini dapat memberikan manfaat?". Namun saya tetap optimis dan berfikir bahwa dengan melakukan hal ini bukan hanya membantu diri saya mendapatkan pekerjaan suatu saat, tapi juga membantu orang lain yang mencari pekerjaan. Memang mencari pekerjaan sangatlah sulit didapatkan khususnya diri saya pribadi yang telah melamar hampir ratusan perusahaan (lumayanlah capeknya). 

Tapi, tetap berjuang adalah prinsip saya sampai saat ini. Karena tanpa ada niatan dan usaha tentulah sulit mendapatkan apa yang diharapkan. Mungkin dengan melalui blog saya, apa yang saya inginkan juga dapat diraih oleh orang lain. Intinya saya terus belajar mengembangkan diri menjadi lebih baik, lewat blog juga kudapatkan ilmu yang banyak.

Bagi yang senasib dengan saya, jangan menyerah dan tetap semangat mencari kerja. karena pepatah mengatakan "Usaha Tidak Pernah Mengkhianati Hasil", maka buktikanlah pada diri anda sendiri. Orang yang sukses karena melalui berbagai macam rintangan terlebih dahulu. Dengan Ngeblog, kucoba melewati batas pengetahuan yang ada saat ini. Semoga apa yang saya tulis ini bisa menjadi motivasi dan bermanfaat buat semuanya. 

Salam sukses buat Blogger....!

Salam Sukses buat semuanya...!

Makmun Agussalim

/mac29

TERVERIFIKASI

Usaha tidak pernah mengkhianati hasil !!! Seorang Blogger pemula. Alamat blog : http://lingkarglobal.com/ "Blog penyedia informasi lowongan kerja & artikel'
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.