Cari Kerja Layaknya Cari Jodoh

19 Jun 2017 | 01:40 Diperbarui : 19 Jun 2017 | 02:07 Dibaca : Komentar : Nilai :
sumber : bangjo.id

Judul tulisan tercipta dari kisah - kisah pribadi saya dan beberapa sahabat saya.

Membahas pekerjaan dan pasangan hidup, sebenarnya tidak berbeda jauh menurut saya. Saya menulis ini, karena ide yang kebetulan singgah di kepala saya terkait hal ini.

Kenapa bisa cari kerja layaknya cari jodoh?

Menurut pengalaman pribadi, banyak kesamaan antara keduanya. Saya akan menuangkan hasil pemikiran saya terkait hal ini, yang dimana akan saya jelaskan melalui tulisan ini. Kalau anda mau juga mau tahu, silahkan baca tulisan ini.

1. Butuh mengumpulkan informasi detail terlebih dahulu

Sebelum memulai mencari pekerjaan, informasi adalah hal yang utama. Karena kita bisa mengetahui suatu lowongan kerja ditempat itu jika ada informasi yang didapatkan. Namun kita juga harus tahu, apakah informasi teresebut memang betul atau tidak keasliannya? Jangan hanya dapat informasi langsung melamar kerja ditempat itu, bisa saja pekerjaan itu malah suatu tindakan penipuan. Karena itu, kita perlu mencari detail informasi tempat yang ingin dilamar baik nama perusahaan, alamat, kontak dan budayanya. Maka dengan begitu akan terasa jelas dan tanpa takut untuk melamar pekerjaan ditempat tersebut. 

Hal ini menurut saya berlaku juga dalam mencari pasangan hidup/kekasih. Semua pasti merasakan yang namanya jatuh cinta, apalagi bagi anak - anak ABG gitu (cieeee...yang lagi berbunga -bunga). Apalagi bagi seseorang yang sedang punya gebetan, akan aktif mencari info si doi'nya. Mulai dari stalking medsos, bertanya kepada teman dekat si doi' dan bahkan meminta bantuan ke orang lain meminta kontak si doi'. Dengan modal informasi yang cukup (misalnya no. handphone, makanan favorit, film kesukaannya apa,dll...) akan membuat lebih mudah mendapatkan hatinya.  

Karena itu Kerja dan Jodoh itu sama - sama membutuhkan informasi yang jelas agar mudah didapatkan dan ditaklukkan.

2. Harus dikoleksi terlebih dahulu

koleksi buku, sumber : igaligo
koleksi buku, sumber : igaligo

Jangan salah paham yah dengan harus koleksi terlebih dahulu, hehehe. Dalam mencari kerja tidaklah cukup hanya dengan mendapatkan satu atau dua informasi lowongan kerja agar mudah mendapatkan pekerjaan. Tentunya kita membutuhkan lebih banyak tempat untuk melamar pekerjaan, kalau perlu bahkan ratusan tempat. Saya yakin bahwa teman - teman yang mencari kerja akan memasukkan lamaran kerja di berbagai tempat. 

Ini akan lebih memudahkan kita dalam mencari kerja dengan banyaknya lamaran yang di masukkan ke perusahaan. Mengoleksi informasi yang cukup dari berbagai tempat, masukkan lamaran kerja sebanyak mungkin di tiap tempat dan menunggu panggilan selanjutnya.

Untuk masalah mencari saya tidak jauh berbeda dengan penjelasan mengoleksi info pekerjaan. Karena di jaman sekarang seorang pria bahkan mempunyai beberapa kekasih dan hal ini berlaku juga bagi seorang wanita. Dari sudut pandang yang berbeda jelas bernilai positif dan negatif. Nilai positifnya bahwa gugur satu masih ada yang lainnya, namun dampak negatifnya tentu saja dinilai sebagai orang yang tidak setia alias playboy/playgirl. Saya sendiri tidak menyarankan hal ini kepada kalian, hanya saja jodoh tidak ada yang tahu. Karena itu perlu beberapa alternatif agar lebih mudah menentukan pasangan sehidup semati.

3. Tahap Seleksi


agilsaputra.com
agilsaputra.com

Hal ini berlaku bagi kalian yang diterima di beberapa tempat kerja. Saya pribadi pernah mengalaminya dengan mendapatkan tawaran pekerjaan dari beberapa tempat. Tentu saja saya akan memilah mana yang terbaik baik mengenai gaji, lingkungan kerja dan lanjutan karir kedepannya. Dengan menyeleksi, akan menghasilkan tempat kerja yang betul - betul mendapatkan pekerjaan yang layak.

Sebenarnya tanpa anda sadari ternyata anda telah menyeleksi beberapa orang sebelum bertemu dengan jodoh anda. Contohnya, sewaktu SMA anda berpacaran dengan gadis A kemudian putus, sewaktu kuliah anda berpacaran dengan gadis B dan setelah lulus kuliah dan kerja berpacaran dengan si gadis C serta akhirnya menikah. Kenyataannya bahwa gadis A dan gadis B telah diseleksi sehingga anda menikahi gadis C. 

Jadi kesimpulannya mengenai cari kerja layaknya cari jodoh yaitu ada 3 hal penting mulai dari tahap mencari informasi, mengumpulkan/koleksi terlebih dahulu dan kemudian diseleksi buat yang terbaik.

Ini hanya sebuah tulisan pribadi, karena tidak semua manusia mengalami hal yang sama seperti apa yang saya alami. Bagi anda yang membacanya terima kasih.

Karena saya lagi belajar menjadi seorang blogger, menulis merupakan suatu keharusan untuk mengembangkan keahlian/kemampuan saya.

Lagi yang cari informasi kerja , silahkan mampir ke blog saya yah... http://lingkarglobal.com/

Salam hangat,


Makmun



Makmun Agussalim

/mac29

TERVERIFIKASI

Usaha tidak pernah mengkhianati hasil !!! Seorang Blogger pemula. Alamat blog : http://lingkarglobal.com/ "Blog penyedia informasi lowongan kerja & artikel'
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.