Dongeng
  • DONGENG

    Selamatkan Kami dari Plastik bagian 1

    Dalam perjalanannya ke pantai, mereka mampir ke sebuah warung di pinggir sungai.Yosra lalu membuang plastik bungkus makanannya ke sungai dengan enteng.“Yosra, …

    Meita Eryanti

    2 hari lalu

  • DONGENG

    Tiga Permintaan

    Permintaan kedua yang saya ajukan kepada jin botol adalah kastengel, seperti yang biasa dibuat ibu.  Awalnya dia tidak mengerti maksud saya."Kan sudah …

    Ikhwanul Halim

    3 hari lalu

  • DONGENG

    Suamimu, Jin

    Sungguh kamu perempuan sialan.Enam puluh tiga tahun aku menjadi suamimu. Lima puluh sembilan tahun sejak kamu menemukan botolku di tepi pantai, menggosoknya, …

    Ikhwanul Halim

    5 hari lalu

  • DONGENG

    Pemuda Sholeh dan Pohon Kemusyrikan

     (sumber gambar: http://lovelybogor.com)Sebuah riwayat religi mengisahkan dimana ada seorang pemuda sholeh yang ingin menebang pohon kemusyrikan menggunakan …

    Subhan Riyadi

    5 hari lalu

  • DONGENG

    Pipit yang Menghilang

                 Ada sebuah negeri. Sebutlah namanya Orimage. Di negeri ini, kehidupan berlangsung sebagaimana mestinya. Bunga mekar, pohon berbuah, ayam …

    Siti Mawaddah

    6 hari lalu

  • DONGENG

    Malam Minggu atau Besok Minggu ?

    Gua hanya ngetes nulis aja.Eh ternyata masih bisa buat nulis akun thuyul iki.Sing bener ki malam-malam di hari sabtu opo besok iku hari minggu leh.Wong …

    AAA^NhuzQ

    6 hari lalu

  • DONGENG

    Kompasiana Sepi, Ketika Rizieq Sihab Ditangkap Hari Ini

    Kenapa Kompasiana tampak sepi sekarang pak ?apa mungkin karena Rizieq Sihab belum ditangkap ya ?trus apa hubungannya dan relevansinya sih ?Barang kali …

    Jauza Adeeva Afsheen

    6 hari lalu

  • DONGENG

    Kelabu

    Rafi terbangun oleh raungan alarm gawainya yang memutar lagu ‘Purple Rain’ dari Prince. Ia membuka matanya sebentar dan menatap warna kelabu.Berkedip …

    Ikhwanul Halim

    1 minggu lalu

  • DONGENG

    Lelaki yang Berbicara dengan Ikan

    Matahari tergelincir terbenam jauh di cakrawala samudra. Seharian biatku untuk berselancar gagal total. Dari pagi buta gingga terbenam sang surya, tak …

    Ikhwanul Halim

    1 minggu lalu

  • DONGENG

    Aman Bagi Anak-anak

    Setelah melihat sebuah film klasik di televisi, aku mencoba untuk bunuh diri saat berusia sembilan tahun. Dalam film tersebut, seorang pria memotong nadi …

    Ikhwanul Halim

    1 minggu lalu

  • DONGENG

    Dongeng | Mencuri Waktu

    “Membeli sekotak hari selasa lagi, Lou?”Lou, gadis pirang dengan lesung pipitnya tengah tersenyum. Tangan kanannya mengenggam sekotak hari selasa yang …

    Tutut Setyorinie

    1 minggu lalu

  • DONGENG

    Berakhir di Sini

    Dia berjalan terpincang-pincang menuju sebatang pohon yang tumbang, menggosok-gosok kakinya.“Apakah kamu sudah bertemu Tuhan, orang asing? "Aisa bertanya, …

    Ikhwanul Halim

    1 minggu lalu

  • DONGENG

    Kelahiran Kita

    Dipanggang di bawah terik rahim matahari demi mencapai kehidupan, terbelah dari rekahan tulang-tulang Bumi, dan tumbuh di atas puncak gunung, ia menghitung …

    Ikhwanul Halim

    1 minggu lalu

  • DONGENG

    Sandal Jepit dan Kesejahteraan Psikologis

    Sampai saat ini saya masih yakin kalau alas kaki paling nyaman dan enak dipakai itu ya sendal jepit. Pada prinsipnya, kemana-mana saya memilih pakai sendal …

    yitno prayitno

    1 minggu lalu

  • DONGENG

    [Dongeng] Mardiyan ingin Belajar Berenang

    Cantika, monyet kecil yang jauh dari kata cantik, pulang dari sekolah dengan tersedu. Kakaknya, Mardiyan, keheranan melihat gelagat adiknya yang tidak …

    Adia PP

    1 minggu lalu

  • DONGENG

    Jin Warisan Keluarga

    Ia membuatku gila.Maksudku, jin khadam keluarga yang tinggal dalam batu akik hijau besar yang tertanam dalam cincin perak yang berat ini membuatku gila. …

    Ikhwanul Halim

    1 minggu lalu

  • DONGENG

    Kisah 3 Al Quran

    Syahdan....Di saat malam 17 RamadhanPara Alquran berkumpul memperingati hari turunnya merekaDi suatu pojok ruangAda 3 buah Al Quran tengah bercakapAl …

    Bain Saptaman

    1 minggu lalu

  • DONGENG

    Razali Yusuf Tinggal di Coh

    Razali Yusuf adalah ketua LSM Aceh future tinggal di coh Madat mengaku sulit keluar ke kota karena jarak tempuh dan jalan busuk m demikian disampaikan.   "Saya …

    Jamal Luddin

    1 minggu lalu

  • DONGENG

    Bukan Burung, Bukan Juga Malaikat

    Aku tak tahu mengapa aku mengajak anak baru itu main ke rumahku. Awalnya kami membaca komik pahlawan super koleksiku, dan kemudian berdebat sepanjang …

    Ikhwanul Halim

    1 minggu lalu

  • DONGENG

    Bulan di Muka Pintu

    Ia gadis yang praktis. Tidak terlalu cantik atau cemerlang.Sepulang kerja dari kerja malam, melangkah gontai dengan kaki yang lelah di bawah langit malam. …

    Ikhwanul Halim

    2 minggu lalu

  • DONGENG

    Pada Hari Ditemukannya Boneka Menangis Itu

    Sesuatu telah menggiring sang paus semalam.Dan saat fajar menyongsong, makhluk raksasa itu terlihat cantik. Urat-uratnya dihiasi dengan ketam kecil, hamparan …

    Ikhwanul Halim

    2 minggu lalu

  • DONGENG

    Seni Meramal Nasib (6)

    Sebelumnya....Tak ada Ilham yang menantiku di sana. Ia juga tak ada di rumah. Barang-barangnya masih lengkap, namun itu tak berarti apa-apa. Bukan sekali …

    Ikhwanul Halim

    2 minggu lalu

  • DONGENG

    [Dongeng] Mardiyan dan Raja Hutan

    Hutan Gemah Ripah dalam beberapa bulan ke depan akan memilih raja hutan yang baru. Pengangkatan raja yang diadakan setiap lima tahun sekali ini, dilakukan …

    Adia PP

    2 minggu lalu

  • DONGENG

    Seni Meramal Nasib (5)

    Sebelumnya...Beberapa saat kemudian, suara berisik itu berhenti. Panas udara turun drastis, dan sensasi nyeri akibat dislokasi ruang yang menyakitkan …

    Ikhwanul Halim

    2 minggu lalu

  • DONGENG

    Janda Muda Itu Ternyata ...

    Kehadiran Ijah di kampung Kenthir bener-bener bikin hebohIjah , Janda yang cantik rupawan, pernah bekerja di sebuahKlab malamPergi sore dan pulang pagi........Kini …

    Bain Saptaman

    2 minggu lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Seni Meramal Nasib (4)

    Sebelumnya...Pintu yang mendadak muncul—sumpah, tidak ada pintu itu sebelumnya, hanya tirai manik-manik—mendadak menutup keras, membuat Ilham kaget hingga …

    Ikhwanul Halim

    2 minggu lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Seni Meramal Nasib (3)

    Sebelumnya...Aku suka melihat bibi Maya dan kartunya. Ia bisa membaca apapun dan suka membuktikan kemampuannya itu. Aku sudah melihat bagaimana ia membaca …

    Ikhwanul Halim

    2 minggu lalu

  • DONGENG

    Pilih Lancar atau Macet?

    Pulang trawehDusmin yang takmir mesjid terlihat murungLalu ditanya sama emaknya, Ijah....Ijah:Napa Min....kok mukamu kusut?Dusmin:Ini Mak......Ternyata …

    Bain Saptaman

    2 minggu lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Pria Bertopi

    “Kenapa cepat sekali kau ke sini kawan? Padahal usiamu masih muda.”“Aku ingin membunuh penjajah. Tapi, yang namanya penjajah pasti sangat kuat.”“Siapa …

    Gayoku

    2 minggu lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Seni Meramal Nasib (2)

    Sebelumnya...Lorong itu sudah dicat ulang dari sejak terakhir aku di sini. Dinding sekarang berwarna hitam, jauh lebih menarik dari warna kuning gading …

    Ikhwanul Halim

    2 minggu lalu

  • DONGENG

    Seni Meramal Nasib (1)

    “Tak ada orang," kataku."ia mungkin lupa. Kan sudah kubilang sifatnya memang begitu. Ayo pergi. Kita bisa mendapatkan sesuatu untuk dimakan dalam perjalanan …

    Ikhwanul Halim

    2 minggu lalu

  • DONGENG

    Puasa Terberat

    Jelang buka puasaDua sahabat Kenthir, Dusmin dan Slametngobrol di warung kopi.......Dusmin:Perasaanku ini adalah Puasa Ramadhan terberatSlamet:Maksudmu …

    Bain Saptaman

    2 minggu lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Dongeng | Helai Benang Terakhir

    Sungguh, aku patut berterima kasih kepadanya. Kepada perempuan itu. Ia sudah berlelah-lelah menolongku, sore itu, saat aku terpisah dari rombongan dan …

    Lilik Fatimah Azzahra

    3 minggu lalu

  • DONGENG

    Wanita Berkaki Kuda di Kamar Mandi

    Salah satu tempat yang mempunyai daya sakral yang begitu kuat adalah kamar mandi, kamar mandi adalah tempat yang kotor dan najis, sedangkan makhluk makhluk …

    Syibromilisi Alf

    3 minggu lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Awal Bermula, Sebuah Prolog

    Sebuah awal pun bermula. Sebab ini adalah prolog dari sebuah cerita, maka biarkan setiap kata berbicara dengan dirinya sendiri melalui diksi tak terseleksi. …

    Metropol Pers

    3 minggu lalu

  • DONGENG

    Kisah Teladan Pengantar Tidur Buah Hatiku

    Anak merupakan amanah yang telah dititipkan ALLAH, SWT kepada kita, rawatlah dan didiklah mereka agar kelak akan menjadi generasi yang bermanfaat tentunya …

    Andi Suganda

    3 minggu lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Dongeng Pengantar Tidur

    Engkau tiba saat senja jatuh seperti yang selalu Engkau lakukan, pada waktu yang rapuh ketika pita tipis lembayung kemerahan berjuang menangkis mengatasi …

    Ikhwanul Halim

    3 minggu lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Dongeng Kota di Padang Pasir

    Aku telah datang sejauh ini hingga kulupa di mana aku memulai. Kota itu memohon kuceritakan kisah dengan kata-kata yang hanya bisa didengar melalui ujung …

    Ikhwanul Halim

    3 minggu lalu

  • DONGENG

    Indonesia Dan Agama

    Negara punya enam agama.Indonesia bukan negara agama, bukan pula sekuler. Tapi sangat sensitif terhadap urusan yang menyangkut dengan persoalan agama.Memiliki …

    Jandan A

    3 minggu lalu

  • HIGHLIGHT HEADLINE DONGENG

    Dongeng | Putri, Kacang, dan Cermin

    Meski konon menyebarkan gosip adalah mudah, ternyata ini merupakan bagian tersulit dari rencana saya. Di era kisah ini, belum ada grup komunitas atau …

    Ikhwanul Halim

    3 minggu lalu

  • DONGENG

    Pertempuran di Kerajaan Para Pemangsa (Bagian 1)

    Roman melompat ringan di antara pepohonan.  Dari cabang ke cabang.  Tubuhnya yang sudah dialiri kekuatan Sang Pengalir seringan kapas.  Dia harus menyelesaikan …

    Mim Yudiarto

    4 minggu lalu

  • DONGENG

    Hasilkan Uang Lewat Adsense

    Memiliki sebuah blog yang sudah ramai pengunjung maupun tidak memang itu bukan sebuah pilihan,itu semua terjadi dengan kerja kerasnamun apakah anda mau …

    Mumu Muharwan

    1 bulan lalu

  • DONGENG

    Dibohongi Pake Jubah

    Mungkin bosan akibat terlalu lama bersatu dalam kedamaian, warga Rimba Nusa tiba-tiba terbelah menjadi tiga kelompok. Satu di pihak harimau, satunya di …

    Giens

    1 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    b

    b …

    Ma'ruf M Noor

    1 bulan lalu

  • DONGENG

    Keinginan yang Bertentangan dengan Kebutuhan

    Pindi si Panda suka sekali makan daun bambu, makanya ia di juluki sebagai Panda Bambu. Suatu hari pindi memutuskan bahwa ia mau makan ayam. Apakah Pindi …

    Nia Suryani

    1 bulan lalu

  • HIGHLIGHT HEADLINE DONGENG

    [Dongeng] Mardiyan Gemar Membaca Buku

    Monyet-monyet di hutan Gemah Ripah kembali dipusingkan oleh perilaku Mardiyan. Monyet kecil yang cerewet itu selalu saja membuat polah. Beberapa waktu …

    Adia PP

    1 bulan lalu

  • DONGENG

    Kolintang pada Legenda Roro Jonggrang

    Pada jaman dahulu kala terdapat dua  kerajaan  yang bertetangga bernama Kerajaan Boko dan Kerajaan Pengging.Untuk memperluas daerah kekuasaan, Kerajaan …

    kolintang

    1 bulan lalu

  • DONGENG

    Peteng Tegawek Peteng Te Dait, Menah Tegawek Menah Tedait

    Setiap daearah di Indonesia tentu punya petuah atau kata-kata yang menjadi peggangan atau kata-kata yang berisi nasehat  yang sering di ucapkan oleh seseorang,. …

    Nuriyanti Ahmad

    1 bulan lalu

  • DONGENG

    Mencari Kedamaian

    konon di negeri yang entah terdapatlah seorang lelaki muda dan tampan,  saking tampannya jadi seperti perempuan,  halus dan mulusia telah berjalan jauh …

    Rudy Wiryadi

    1 bulan lalu

  • DONGENG

    Beberapa Satire tentang Ahok

    Etika nonton TVSeorang ibu mengajari etika menonton TV ke anak balitanya.Kalau kamu lihat ada adengan ada pria dan wanita berpelukan - tutup matamu beberapa …

    Shalahuddin Ahmad

    1 bulan lalu

  • DONGENG

    Negeri Inaku Retak

    Musim hujan ketika itu. Bulir-bulir gerimis sudah mulai berjatuhan di lanpangan. Padahal masih tengah hari. Langit hitam pekat. Mendung yang sudah saatnya …

    Gayoku

    1 bulan lalu

  • DONGENG

    Nabi Goro-Goro dari Planet Jupiter

    Di planet Jupiter tinggallah seorang nabi yang bernama Goro-goro, dia adalah nabi yang dikenal masyarakat Jupiter sebagai nabi yang suka menolong dan …

    Yusuf Yanuar Y.

    1 bulan lalu

  • DONGENG

    Pak Dhe Ahok, 2017 Tahun yang Lalu

    Kala itu munculah sesosok anak muda yang menghebohkan seantero pemerintahan Romawi yang dipimpin oleh Raja Herodes dan Kaisar Agustus yang terkenal agung …

    Mbah OONE

    1 bulan lalu

  • DONGENG

    Cerpen | Kecebong Senam Pemanasan

    Suatu pagi yang cerah disebuah kolam buatan, seekor kecebong sedang melakukan senam pemanasan sebelum dia berenang berkeliling kolam seharian. Melintaslah …

    Yusuf Yanuar Y.

    1 bulan lalu

  • DONGENG

    Pakde Ku Seorang Bajak Laut

    Pakde ku adalah seorang bajak laut, dia memimpin sebuah kapal sebesar kapal kargo VLGC milik Pertamina, sebelum menekuni profesi sebagai bajak laut, dia …

    Yusuf Yanuar Y.

    1 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Dongeng | Kami yang Sama-sama Terhimpit Perlu Harmoni Lagi

     Bertahun-tahun satwa atau hewan lebih khusus makhluk hidup selalu bersama  hidup dan tumbuh berkembang. Akan tetapi, kehidupan ketiganya dari hari ke …

    Petrus Kanisius

    1 bulan lalu

  • DONGENG

    Lagu Kecil yang Sedih untuk Prajurit

    Suatu ketika, seorang wanita duduk di tepi sungai yang mengalir tenang sambil menyanyikan sebuah lagu kecil yang menyedihkan untuk dirinya sendiri.Seorang …

    Ikhwanul Halim

    1 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Pembaca Kini Semakin Kritis, Tuan Penulis!

    "Guhanar," Hakem menyapa dari depan pintu yang setengah terbuka. Ia baru saja masuk ke kantor editornya itu dengan emosi meluap-luap.Guhanar melambaikan …

    Ikhwanul Halim

    1 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Putri Musim Dingin

    Dahulu kala ada seorang putri raja yang lahir pada hari yang paling dingin dalam setahun, sehingga saat dia menangis untuk pertama kalinya di dunia ini, …

    Ikhwanul Halim

    1 bulan lalu

  • DONGENG

    Islam Memandang Etika Bisnis

     Syari’ah Islamiyah dan seluruh hukumnya tidak boleh dipisah-pisahkan atau dipecah-pecah, karena ia bersifat kully. Mengambil sebahagian-sebahagian dan …

    Amir Matrum

    1 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Bayangan di Permukaan Danau (9)

    (Sebelumnya)Ande sudah selesai memotong kentang rebus dan tahu kuning menjadi dadu-dadu kecil. Mentimun telah diiris. Ia mematikan api kompor dan mengangkat …

    Ikhwanul Halim

    1 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Bayangan di Permukaan Danau (8)

    (Sebelumnya)Jauh di dasar dirinya, alter ego yang mendambakan kekerasan, keinginan membalas dendam yang begitu besar membuatnya tak berdaya selain menyerah, …

    Ikhwanul Halim

    1 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Bayangan di Permukaan Danau (7)

    (Sebelumnya)Sudah hampir jam sepuluh malam. Transformasi perubahan pada tubuhnya berjalan sempurna. Agar pakaiannya tidak compang-camping robek seperti …

    Ikhwanul Halim

    1 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Dongeng| Seikat "Sandal" dan "Sepatu"

    Ini adalah kisah sandal dan sepatu… Pak Abdullah punyai sepasang sandal dan sepatu di rumahnya.  Tepat pukul 04.00 pak Abdullah bangun berasal dari tidurnya …

    Fajar Azay

    1 bulan lalu

  • DONGENG

    Kasus Heri Tantan

    Sekretaris Kabupaten Subang Abdurrahman menerima sebuah bergerak dari pendapatan dari Rp 2,3 miliar terhadap Heri Tantan, petugas BKD Subang. Di dalam …

    Muhammad Aditya

    1 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    a

    a …

    Ma'ruf M Noor

    1 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Bayangan di Permukaan Danau (6)

    (Sebelumnya)Ande tidak repot-repot pergi ke sekolah keesokan paginya. Tidak ada gunanya, karena tak lama lagi mereka akan pindah. Sebagai gantinya dia …

    Ikhwanul Halim

    1 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Bayangan di Permukaan Danau (5)

    (Sebelumnya)Ibu tiba di rumah dari tempat kerja beberapa menit terlambat. Tampak jelas kepindahan mereka kali ini juga tidak berjalan dengan baik. Matanya …

    Ikhwanul Halim

    1 bulan lalu

  • DONGENG

    Alexis

    Wanita itu memandang kejauhan dari jendela kamarnya. Nampak cahaya gemerlapan di luar sana. Dunia seperti tak mau berhenti, pikirnya. Malam yang seharusnya …

    MJK Riau

    1 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Bayangan di Permukaan Danau (4)

    (Sebelumnya)Ande tak yakin apa yang diharapkannya dengan kembali ke danau. Sangat mungkin kedatangannya sia-sia. Namun karena masalahnya bermula di situ, …

    Ikhwanul Halim

    1 bulan lalu

  • DONGENG

    Dongeng | Bahlul

    Kita tentu akrab mendengar hujatan "bahlul" terhadap seseorang yang dianggap tidak becus bekerja. Ekstremnya kata yang biasa kita gunakan untuk mensifati …

    Adi Pujakesuma

    1 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Bayangan di Permukaan Danau (3)

    (Sebelumnya)Sekitar pukul satu Ande tidur dan terbangun pukul tiga lewat lima menit. Kakinya mulai dari telapak hingga mata kaki nyeri berdenyut-denyut. …

    Ikhwanul Halim

    1 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Bayangan di Permukaan Danau (2)

    (Sebelumnya)Kesemutan di jari-jari kakinya sepanjang malam tak juga hilang. Namun selain rasa kebas, tak ada rasa sakit atau perubahan warna kulit yang …

    Ikhwanul Halim

    1 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Bayangan di Permukaan Danau (1)

    "Sepuluh ribu kalau kamu berani mencelupkan kakimu ke situ," kata Ande kepada teman barunya, Darwis.Danau kecil yang tenang mencekam. Bintik-bintik gelembung …

    Ikhwanul Halim

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Jaka Tarub

    Baik hati namun kesepian.  Seorang jejaka hidup di tepian hutan.  Sengaja menjauh dari keramaian.  Dia sangat menyukai hening.  Entah mengapa, hening …

    Mim Yudiarto

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Beringatlah.....

    Menulis adalah salah satu sarana untuk mengutarakan apa yang ada di fikiran kita...., yups betul sekali ketika curhat membuat bosa, maka tulisan lah yang …

    Ulfa Yulianingsih

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Perjalanan Cinta

    Di zaman dahulu ada dua orang gadis yang memiliki wajah sangat mirip, sama-sama memiliki suara yang merdu, wajah yang cantik, namun memiliki nasib yang …

    KOMENS

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Perjalanan Cinta

    Di zaman dahulu ada dua orang gadis yang memiliki wajah sangat mirip, sama-sama memiliki suara yang merdu, wajah yang cantik, namun memiliki nasib yang …

    KOMENS

    2 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Jagalah Kesehatanku dan Rawatlah Aku untuk Anak Cucu Nanti

    Tidak terasa, hari terus berlalu, demikian juga usiaku semakin tua.Diusiaku yang kian renta ini aku sering sakit-sakitan. Aku ingin sehat, ingin dirawat, …

    Petrus Kanisius

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    test

    testing aja …

    RA Rizal Rizal

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Si Kabayan Moro Pokemon

    Dina hiji poe si kabayan kacarita keun arek ulin jeung babaturanna. Manehna teh boga bapa anu beunghar kacida .Babaturan si kaban teh ngaran na si atum, …

    Muhammad Rifal

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Putri Dyah Pitaloka

    Hayam Wuruk langsung jatuh cinta.  Begitu angin berbisik kepadanya;  Paduka Raja, ada putri dengan kecantikan tiada tara.  Bahkan para bidadari sampai …

    Mim Yudiarto

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Filosofi Angka dalam Konteks Jawa

    0 = Jalma/manungso1 = Gusti AllahLamun manungso kepengen aji neng ngersane Gusti Allah (angka 0 lan 1 dadi angka 10), manungso kudu 2 (Loro)2 (Loro) = …

    Kang Bagiyo

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Dewi Rara Kuning

    Mengikat cinta saat ranum usia baru tiba.  Terpekur dipeluk duka ketika janur masih berwarna segar merona.  Patah berkeping keping seperti tubuh bulan …

    Mim Yudiarto

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Beruang Kecil dan Ayahnya

    Di sebuah hutan yang luas ada seekor anak beruang yang sangat kurus,namanya Boni, ia tinggal bersama ayah dan ibunya di tengah hutan.  Ibunya pintar sekali …

    Dewi eF

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Legenda Laut Selatan

    Laut berguncang bukan karena gempa. Gelombang meninggi bukan karena badai. Sesosok gemulai mengapung di permukaan air. Mengendarai buih buih putih. Dikawal …

    Mim Yudiarto

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Anak Bapak Orangnya!

    Kawan! Apakah anda benci mate matika? Saya punya cerita seorang anak yang sangat benci pelajaran itu, Godad namanya. Coba dengarkan cerita Godad yang …

    Gayoku

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Tewurei Legenda Orang Kuat Sakaladad Mentawai

    Mentawai. Indonesia memang surganya cerita rakyat, sejuta cerita ada disini. Terkadang, saking piawainya para pelantun bercerita, fiksi atau nyatanya …

    Adi Prima

    2 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Dongeng | Ketika Aku Benar-benar Dipecundangi

    "Kurang ajar, setan, gombal, stupid". Entah apalagi kata-kata yang harus kulontarkan untuk semua yang terjadi selama 3 bulan terakhir ini. Aku benar-benar …

    Metik Marsiya

    2 bulan lalu

  • HIGHLIGHT HEADLINE DONGENG

    [Dongeng] Permintaan untuk Turun Kembali ke Gelanggang

    Berduyun-duyun di depanku mereka menghadap, sowan. Pandangan mata penuh dengan wajah sendu dan sayu. Saat ini aku berada di ibu kota negeri karena sesuatu …

    Metik Marsiya

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Sasmito Spiritual dari Ngayogyakarto

    Sekilas aku melihat dari jauh sebuah warna orange seperti kulit harimau, bergerak dengan sangat cepat dari arah selatan menuju sisi utara, dari laut selatan …

    Metik Marsiya

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Tupai dan Ulat Bulu

    Suatu hari di atas pohon jambu air seekor ulat bulu sedang berjalan jalan, ia ingin makan satu jambu air yang masak.  Pohon jambu air itu sangat besar, …

    Dewi eF

    2 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Sapu

    Pemuda yang mata kanannya buta itu melakukan perjalanan jauh untuk menemui seorang wanita tua yang terkenal karena kemampuannya menyembuhkan berbagai …

    Ikhwanul Halim

    2 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Tidak Terkenal

    Putri Kim bosan dengan hidupnya. Bukan hanya bosan, tapi juga benci.Bukan karena ia punya ibu tiri yang jahat. Ibunya sangat baik dan menyayanginya. Bukan …

    Ikhwanul Halim

    2 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Python yang Siap Melahapku

    [caption caption="shutterstock.com"][/caption] Akulah sang Kancil. Di hadapanku si Python. Di pepohonan itu, Python siap menelanku. Ia melilit batang …

    Fazil Abdullah

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Pemegang Kunci Terakhir, Sri Sultan HB IX

    Apa yang kulihat?sebuah hamparan warna hijau seperti giok.Bagaikan lautan menghampar,menggelegak-gelegak bagaikan kumpulan asap yang bergumpal-gumpal.Bagaikan …

    Metik Marsiya

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Hello Everyone

    Hello Everyone ! …

    Insei Isumi

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Kerangka Acuan Alam Semesta

     “Nah, bagaimana pendapatmu?” tanya Himawal dengan senyum selebar lapangan bola yang nyaris merobek wajahnya yang kusut berantakan seminggu belum bercukur.“Tentang …

    Ikhwanul Halim

    2 bulan lalu

  • DONGENG

    Busway yang Ingin Memimpin Ibukota

    Konon Ibukota sering macet. Beragam manusia saling berpolemik tentangnya. Umumnya berujung pro dan kontra sehingga membosankan para dewa dan bidadarinya. …

    Giens

    2 bulan lalu

  • HIGHLIGHT DONGENG

    Gaib

    Aku tak tahu persis kapan ini bermula.Aku hanya tahu bahwa suatu hari tak ada panggilan lagi masuk ke gawaiku, tak ada pesan suara atau email atau komentar …

    Ikhwanul Halim

    2 bulan lalu